Betha Landes Kemalasari, Puteri Kepulauan Jawa 2010

Gelar Putri Indonesia 2010,yang diraih Nadine Alexandra Dewi Ames, Jumat (8/10) malam,memperkuat tekad wakil DKI Jakarta IV ini untuk berjuang lebihkeras dalam ajang Miss Universe 2011.

Saya tahu ini sangat tidak mudah bagi saya. Saya harus membawanama Indonesia ke Miss Universe. Saya harus belajar bagaimanamembuat Indonesia jadi negara yang lebih hebat,” tekad kelahiran 23Mei 1991 itu di Jakarta Convention Centre Senayan, Jakarta.

Nadine menerima piala pemenang langsung dari Menteri NegaraPemberdayaan Perempuan Linda Gumelar, setelah menyisihkan terpilihmenjadi terbaik di lima besar dari 38 peserta. Mahkota Putrisebelumnya disematkan oleh Putri Indonesia 2009 Cory Sandioriva danpemasangan selempang oleh Murdiyati Sudibyo selaku pendiri YayasanPutri Indonesia.

Dalam pesan-pesannya, Puteri Indonesia 2009 Qory Sandiorivamengatakan Putri Indonesia harus mampu menjalankan tugas yangdiemban, seperti tugas pariwisata, lingkungan, sosial, kemanusian,kesehatan dan budaya. Saya sudah memperkenalkan Indonesia dalamajang Miss Universe, bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan yangindah dan kaya dengan sumber daya alam, katanya.

Sementara itu, Runner Up I diraih Reisa Kartikasari dari DaerahIstimewa Yogyakarta sekaligus berhak atas gelar Putri Lingkungan.Sedangkan Runner Up II Alessandra Khadijah Usman dari ProvinsiGorontalo yang juga mendapat gelar Putri Pariwisata. Pemberianhadiah, karangan bunga dan selempang oleh Ketua Dewan PembinaYayasan Putri Indonesia Prof Wardiman Joyonegoro.

Dua putri yang terpilih sebagai lima besar lainnya adalah GraceGabriella Binowo dari Jambi dan Betha Landes Kemala Sari Mahasiswi FISIP Universitas Muhammadiyah Malang (JawaTimur), yang juga meraih gelar Putri Favorit dari Pulau Jawa.Sedangkan Putri Favorit dari kepulauan diraih Cut Nabila Azhar asalSumatera Utara. Kemudian Ida Ayu Dwita Sukma Ari Pramana yangberasal dari Bali meraih gelar Putri Favorit Pulau Bali, NTB danNTT.

Untuk Putri Favorit dari Pulau Kalimantan digondol Wenty WidiyarPratami asal Kalimantan Timur. Sedangkan Putri Favorit Sulawesiuntuk Winanda Rahmayanti Rahman asal Sulawesi Selatan dan PutriFavorit Indonesia Timur Syahadia Robo asal Maluku Utara.

Gelar Putri Berbakat diberikan kepada Aelyn Halim asalKalimantan Tengah, yang juga berhak atas gelar Putri Favorit dariHasil Pooling SMS. Kemudian, Putri Persahabatan diraih OifanceElmerilia Falentin Imbiri asal Papua dan Putri Inteligensiadisematkan kepada Inda Endaliani asal DKI Jakarta VI, GloriaDaniela Pasaribu asal Kepulauan Riau dan Freska Gousario asalNTT.

Puteri Indonesia 2010 adalah kontes pemilihan yang ke-15. Temapemilihan kali ini Cintai Negeri Melalui Penggunaan dan PenghargaanKarya Anak Bangsa. “Melalui tema itu, YPI berharap dapat turutberkontribusi dalam menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap karyaanak bangsa,” ujar Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia(YPI) Putri K Wardani.

Pemilihan Puteri Indonesia kali ini bekerjasama dengan KomnasPengendalian Tembakau. Kontestan yang terpilih sebagai PuteriIndonesia Lingkungan 2010 akan mengemban tugas sebagai dutaantitembakau.

Tinggalkan komentar